Berita Arum Jeram : Kejuaraan Arung Jeram Digelar di Sungai Deli Medan

Kejuaraan Arung Jeram Digelar di Sungai Deli Medan

Pundisports.com – Berita Bola : Kejuaraan arung jeram, Open Championship Deli River Race akan digelar pada Sabtu 13 Februari di Sungai Deli Medan. Sejauh ini, 20 tim sudah dipastikan akan berpartisipasi.

Ketua Panitia turnamen, Lukman Nurhakim menjelaskan 20 tim tersebut merupakan peserta tuan rumah yang berasal dari mahasiswa pencinta alam dan sejumlah klub arung jeram. Ia juga mengatakan masih ada empat tim dari luar Medan yang berpotensi akan bergabung pada kejuaraan ini.

“Tim dari luar daerah berasal dari Padang, Garut, dan Bogor,” kata Lukman. Peserta nantinya tidak akan bertarung dalam lomba yang sama. Mereka akan dibagi ke dalam tiga kategori kelas. Di antaranya adalah down river race mahasiswa dan umum, head to head umum dan mahasiswa, serta kategori bergengsi slalom mahasiswa dan umum.

Di kategori down river race, peserta akan berlomba sepanjang 3 km untuk mencatatkan waktu tercepat. Untuk nomor slalom, peserta akan berlomba untuk melewati rute berliku berupa gawang.

Berbeda di kelas head to head. Pada kelas ini, dua peserta akan dipilih untuk diadu menuju garis finis dengan catatan waktu tercepat.

Lebih lanjut, Lukman juga mengungkapkan harapannya dalam kejuaraan ini, yaitu bisa menambah daya tarik wisata arung jeram di Sungai Deli.

“Melalui even ini, kita ingin mengajak masyarakat khususnya di Kota Medan untuk peduli pada kelestarian Sungai Deli sekaligus memperkenalkan olahraga arung jeram di sungai tersebut,” katanya.

“Ada beberapa titik jalur Sungai Deli terdapat potensi yang baik untuk dijadikan sebagai lokasi arung jeram. Inilah alasan kami memilih Sungai Deli,” paparnya. (Ant)