Berita bola : Betapa Pentingnya Wijnaldum untuk Newcastle

Pentingnya Wijnaldum untuk Newcastle

Pundisports.com – Berita bola : Newcastle United masih berkubang di zona degradasi saat ini. Jika ada pemain yang bisa menyelamatkan The Magpies dari ancaman turun divisi, maka Giorginio Wijnaldum-lah orangnya.

Penampilan Newcastle di bawah Steve McClaren musim ini begitu mengkhawatirkan. Sebelum duel kontra Liverpool di St James’ Park, Minggu (6/12/2015) malam WIB tadi, mereka ada di posisi ke-19 atau hanya lebih baik dari Aston Villa.

Terakhir kali Newcastle menang adalah pada 18 Oktober lalu, saat mengalahkan Norwich City dengan skor 6-2. Setelahnya, mereka hampa kemenangan di lima laga terakhir di liga dengan dua imbang serta tiga kekalahan termasuk saat dibantai 1-5 oleh Crystal Palace pekan lalu.

Ini pula yang membuat posisi McClaren dalam tekanan karena tak mampu membawa Newcastle tampil optimal musim ini, meski sudah mendatangkan sejumlah pemain termasuk Wijnaldum, yang dibeli 15 juta poundsterling dari PSV Eindhoven musim panas lalu.

Namun, pekerjaan McClaren setidaknya bisa diselamatkan berkat jasa Wijnaldum yang tampil hebat saat mengalahkan Liverpool dengan skor 2-0 di pekan ke-15 sekaligus menjadikan itu kemenangan ketiga mereka musim ini.

Wijnaldum berperan dalam hadirnya dua gol Newcastle. Gol bunuh diri Martin Skrtel hadir karena mencoba menghadang sepakan pemain Belanda itu. Sementara, di gol kedua, Wijnaldum dengan dingin menuntaskan sebuah serangan balik Newcastle.

Dengan tambahan satu gol itu, Wijnaldum sudah bikin tujuh gol serta dua assist dari 15 penampilan atau 56 persen dari total 16 gol Newcastle musim ini. Seperti dikutip BBC, hanya striker, Odion Ighalo (65 persen), yang berperan untuk gol-gol timnya baik dari gol maupun assist.

Statistik itu menunjukkan betapa pentingnya Wijnaldum untuk Newcastle dan mungkin dialah sosok penyelamat untuk musim buruk tim asal Tyne-Wear tersebut.

“Kadang Anda butuh keberuntungan untuk mencetak gol,” tutur Wijnaldum seperti dikutip Soccerway.

“Ada pemain yang menyentuh bola itu dan tiba-tiba saja masuk – Anda merasa bahagia saat itu karena Anda sudah bekerja keras dan kami berlatih keras untuk mendapatkan kemenangan ini,” lanjutnya.

“Saya tidak berpikir seperti itu (gol bunuh diri Skrtel), dia memang membelokkan bola itu tapi saya pikir itu adalah gol saya.”