Berita Bola : Bungkam Australia, Thailand Tancapkan Dominasi di Sepakbola ASEAN

Thailand vs Australia futsal

Pundisports.com – BeritaBola : Dominasi Thailand dikancah persepakbolaan dikawasan ASEAN memang tidak terbendung utamanya ditahun 2014-2015 ini dimana mereka mampu meraih berbagai gelar di turnamen kawasan AFF.

Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-16, U-19 dan U-23 yang dibarengi dengan gelar juara Piala AFF U-16, Piala AFF U-19 setelah sebelumnya menjadi juara Piala AFF 2014 dan emas Sea Games 2015 Singapura.

Kini raihan Thailand semakin sempurna dengan kesuksesan mereka di ajang Piala AFF Futsal 2015 yang digelar dikandang mereka sendiri. Dilaga final kontra Australia, Jetsada Chudech dkk berhasil menaklukkan Australia dalam laga yang digelar distadion Bangkok Arena dengan skor 5-3 dimana kemenangan Thailand diwarnai dengan hattrick Kritsada dan sumbangan gol Sorasak dan Warut.

Perjalanan Thailand menuju gelar juara Piala AFF Futsal 2015

– grup A       : vs Singapura 8-0

– grup A       : vs Malaysia 6-1

– grup A       : vs Brunei Darussalam 12-2

– grup A       : vs Timor Leste 16-2

– Semifinal    : vs Vietnam 6-0

– Final        : vs Australia 5-3

 

Dengan hasil ini maka Thailand mentasbihkan diri mereka sebagai Raja Futsal ASEAN dengan torehan 11 gelar juara dari 12 gelaran Piala AFF Futsal yang telah dimulai sejak 2001 dimana Thailand menjadi juara dengan mengalahkan Singapura 12-1. Satu-satunya gelar yang lepas adalah saat Indonesia menjadi juara pada 2010 dimana Thailand memilih absen karena permasalahan internal mereka. Selain itu gelar top skor diraih bersama striker Thailand dan Australia dengan 12 gol yakni Jetsada Chudech dan Daniel Fogarty.

Kejutan dilakukan oleh Malaysia dengan tidak tampilnya Timnas Indonesia karena hukuman FIFA di Piala AFF Futsal setelah 2013-2014 gagal menembus dominasi Thailand, Australia, Indonesia dan Vietnam. Ahmad Fawzul dkk mampu lolos kesemifinal usai menjadi runner up grup A dibawah Thailand namun sayang Australia membungkam 6-2 dan perebutan tempat ketiga Malaysia mampu menang 6-5 atas Vietnam.

#CongratsThailand