Berita Bola : Dejan Pilih Lapangan Sintetis untuk Latihan Persib

Sulit Cari Tempat, Dejan Pilih Lapangan Sintetis untuk Latihan Persib

Pundisports.com – Berita Bola : Semenjak ditukangi Dejan Antonic, skuat Persib Bandung kerap melakukan latihan berumput sintetis. Dua lapangan selalu menjadi pilihan bagi Dejan, yakni Lapangan Football Plus Arena di kawasan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat dan Lapangan Progresif di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Dejan mengaku mengambil keputusan ini lantaran kesulitan mendapatkan lapangan sepak bola di Bandung. Menurut pelatih asal Serbia itu, satu-satunya lapangan rumput biasa yang bisa digunakan adalah Lapangan Seskoad di kawasan Jalan Gatot Subroto, Bandung. Namun, lapangan itu pun bisa dipakai jika tidak digunakan untuk keperluan militer.

“Tidak ada alasan (khusus), kami melakukan itu karena kami bisa mendapatkan lapangan (rumput sintetis) untuk latihan. Kalau saya bisa sering menggelar latihan di Seskoad atau kualitas lapangan yang bagus sekali, saya tetap memilih lapangan di Seskoad,” ujar Dejan.

Lebih lanjut, Dejan juga menjelaskan anak-anak asuhnya membutuhkan lapangan dengan tekstur permukaan baik untuk menerapkan program latihan. Sebab, hal itu akan mempengarungi Atep Cs saat melakukan passing atau crossing jika kondisi lapangan tidak rata.

“Kadang-kadang kami fokus ke teknik operan. Kami harus latihan di Football Plus karena disana pemain bisa menikmati latihan. Sedangkan, di Seskoad, kami sedikit kesulitan melakukan umpan dan tendangan. Terkadang, bola tidak bisa didengar dan mungkin kita salah dan lebih bagus kita bisa pilih lapangan dimana yang bisa bikin kita senang dan enjoy,” tuturnya.

Sementara itu jarak tempuh menuju Lapangan Football Plus Area terbilang cukup jauh. Bahkan skuat Maung Bandung harus berangkat dua jam sebelum waktu latihan dimulai, pasalnya jalur menuju lapangan tersebut merupakan jalur wisata salah satunya ke area Lembang, KBB.

Meskipun di Mess Persib yang merupakan tempat menginap para pemain terdapat Lapangan Sidolig, namun kualitas lapangan tersebut jauh dari kata layak untuk tim sebesar Persib Bandung. Terlebih ketika hujan tiba, Lapangan Sidolig selalu tergenang banjir karena drainase yang tidak sempurna. Permukaan lapangan yang tidak rata sehingga sangat riskan bagi pemain untuk berlari atau pun melakukan umpan-umpan yang bisa mengakibatkan cedera.