Berita Bola : Durasi Kontrak Pengaruhi Psikologis Pemain

Persib Bandung, Vlamidir Vujovic dan Marko Krasic

Pundisports.com – Berita Bola : Manajemen Persib telah merencanakan untuk memberikan kontrak jangka panjang kepada para pemainnya, yakni minimal selama satu tahun. Rencana itu muncul karena Persib akan mengikuti kompetisi Indonesian Super Competition (ISC).

Pelatih Dejan Antonic menyambut baik wacana tersebut. Pelatih asal Serbia itu beranggapan durasi kontrak akan mempengaruhi psikologis anak asuhnya baik saat berlatih maupun bertanding.

“Tentu saja. Anda bisa melihat klub di Eropa. Mereka dapat memberikan kontrak pemain dari tiga sampai lima tahun. Pemain bisa merasa aman karena itu,” kata eks pelatih Persipasi Bandung Raya (kini menjadi Madura United) ini.

Seperti diketahui, kontrak jangka panjang sudah berlaku di sejumlah klub Eropa dan Asia lainnya. Dejan berharap hal itu juga diterapkan untuk timnya atau tim di Indonesia demi mengembangkan kemampuan pemain.

“Selain itu, para pemain juga akan mendapat program latihan yang baik. Kalau menurut saya, durasi satu tahun tidak cukup. Saya pikir para pemain akan senang jika diberikan dua atau tiga tahun. Kami bisa mengikuti perkembangan mereka juga,” tambahnya.

Namun, Dejan enggan mengurus kontrak para pemain Persib. Ia mengatakan hanya akan menganjurkan nama-nama pemain yang bagus untuk dipertahankan kepada manajemen.

“Saya tidak tahu urusan kontrak. Hal itu adalah urusan manajemen. Tapi saya dengar ada beberapa pemain yang mungkin akan dikontrak dua atau tiga tahun,” tegasnya.

Saat ini dalam tubuh Persib Bandung terdapat 26 pemain yang terdiri dari 12 pemain lama, tujuh pemain muda jebolan dikat Persib, serta tujuh pemain baru termasuk tiga pemain asing.