Berita Bola : Gaya Main Atletico Bikin Ferdinand Terangsang

Gaya Main Atletico Bikin Ferdinand Terangsang

Pundisports.com -Berita Bola : Atletico Madrid bersama Diego Simeone lekat dengan gaya main yang agresif, pekerja keras, dan kompak. Atletico disebut Rio Ferdinand bikin dirinya bergairah.

Selama ini gaya bermain yang lebih banyak diapresiasi dan dipuji adalah gaya bermain menyerang, punya penguasaan bola tinggi dengan umpan-umpan pendek satu sentuhan, dan para pemainnya bergerak secara cair. Ini tak bisa disangkal, tak terlepas dari efek kedigdayaan Barcelona di bawah Pep Guardiola beberapa musim lalu.

Dalam empat musim, Barca-nya Guardiola seperti diketahui sukses merengkuh 14 trofi dan tampak super. Pada prosesnya gaya bermain dan sukses Barca tertular ke tim nasional Spanyol, yang berhasil memenangi Piala Dunia 2010, juga Piala Eropa 2012 dengan mempertahankan titel 2008.

Sebagaimana Guardiola membentuk Barca-nya sedemikian rupa, Simeone membangun Atletico dengan cara bermainnya sendiri. Los Colchoneros punya pendekatan defensif, sangat agresif, dan senantiasa bergerak sebagai sebuah kesatuan.

Bisa dibilang Atletico dibentuk Simeone sebagai antitesis untuk tim-tim yang bermain menyerang dan dominan dalam penguasaan bola. Mengusung cara bermain seperti ini bukannya tanpa kritik, tapi sejauh ini Atletico terbukti berhasil.

Mereka sukses mematahkan dominasi Barca dan Real Madrid di Liga Spanyol. Di Eropa, Atletico sudah memenangi Liga Europa dan menjadi runner-up Liga Champions di musim 2013/2014.

Atletico malah berhasil kembali ke final Liga Champions usai menyingkirkan Bayern Munich polesan Guardiola, Rabu (4/5/2016) dinihari WIB tadi. Ini menjadi semacam penegasan bahwa mereka layak diapresiasi seperti Barca, Bayern, atau tim-tim serupa.

Eks bek tim nasional Inggris Rio Ferdinand menjadi salah satu yang menyukai cara bermain Atletico. Dengan cara yang unik, dia mengungkapkan kekagumannya bahwa Atletico membuatnya terangsang.

“Seorang manajer harus menciptakan sebuah lingkungan di mana para pemain percaya dengan taktiknya. Bermain dengan intensitas seperti ini dan melakukannya secara konsisten, pasti ada keyakinan yang tulus,” kata Ferdinand kepada BT Sport.

“Itu semua berkat Simeone. Dia dan stafnya telah menciptakan fondasi ini.”

“Itu adalah sesuatu yang ampuh, para pemain bekerja keras. Anda cuma perlu melihat Antoine Griezmann sebagai contohnya.”

“Itu menyenangkan untuk dilihat. Sejumlah orang ingin melihat sepakbola yang menyerang, yang mendebarkan seperti yang dimainkan Barcelona dan Bayern Munich, tapi saya sama terangsangnya dengan tipe sepakbola seperti (Atletico) ini,” tandasnya seperti dikutip Soccerway.