Berita bola : Ini Daftar Pemain, Pelatih, dan Tim Asia Terbaik 2015

Ini Daftar Pemain, Pelatih, dan Tim Asia Terbaik 2015

Pundisports.com- BeritaBola :  Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) telah menetapkan sederet peraih penghargaan sepakbola 2015.

Siapa saja pemain, pelatih, dan tim terbaik untuk tahun ini?

Berikut para pemenangnya, yang diumumkan pada acara AFC di New Delhi, India, Senin (29/11/2015):

1. Ahmed Khalil, AFC Player of the Year

Khalil adalah penyerang klub Al Ahli dan juga tim nasional Uni Emirat Arab. Dia memenangi penghargaan tertinggi ini setelah mengungguli dua kandidat lain: Omar Abdulrahman (UEA) dan Zheng Zhi (China).

Performanya sangat menonjol saat membawa klubnya melaju ke final Liga Champions Asia, dan juga mengantar UEA finis di peringkat ketiga di Piala Asia 2015.

Khalil (24) menjadi pemain ketiga yang menyabet predikat Player of the Year setelah pernah memenangiYoung Player of the Year. Dua nama pendahulunya adalah Mehdi Mahdavikia (Iran) dan Shinji Ono (Jepang).

2. Ghuangzou Evergrande, AFC Club of the Year

Klub China ini memang sedang mendominasi Asia. Dalam tiga musim terakhir mereka dua kali menembus final Liga Champions Asia — dan memenanginya (2013, 2015). Mereka juga sangat perkasa di kompetisi domestiknya, dengan menjadi juara dalam lima musim terakhir.

3. Son Heung-min, AFC Asian International Player of the Year

Pemain Korea Selatan ini melejit namanya setelah bersinar bersama Bayer Leverkusen, dan di musim panas tahun ini memecahkan rekor sebagai pemain Asia termahal dalam sejarah. Ia berharga 30 juta euro saat dibeli Tottenham Hotspur, mengalahkan rekor sebelumnya atas nama Hidetoshi Nakata, yang bernilai 25 juta euro kala pindah dari Parma ke AS Roma.

Son meraih penghargaan “duta Asia 2015” ini setelah mengalahkan dua kandidat lain: Ki Sung-yeung (Korea/Swansea City) dan Massimo Luongo (Australia/Queens Park Rangers).

4. Ricardo Goulat, AFC Foreign Player of the Year

Penyerang Brasil yang memperkuat Guangzhou Evergrande ini menyabet gelar Pemain Asing Terbaik di Asia setelah unggul atas Everton Ribeiro (Brasil/Al Ahli) dan Juan Belencoso (Spanyol/Kitchee).

5. Dostonbek Khamdamov, AFC Youth Player of the Year (Men)

Ia adalah pesepakbola berusia 19 tahun yang tampil impresif bersama timnas Uzbekistan di Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru. Di turnamen itu ia menjadi pencetak gol terbanyak ketiga. Di level klub, bersama Bunyodkor, Khamdamov mencetak 10 gol dari 26 pertandingan di Liga Uzbekistan.

6. Rikako Kobayashi, AFC Youth Player of the Year (Women)

Pesepakbola putri berusia 18 tahun ini tampil gemilang di Piala Asia U-19 2015 di China, di mana dia mencetak empat gol untuk timnas negaranya (Jepang). Dia juga terpilih sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut.

7. Jepang, AFC Fair Play Award

Tim Negeri Matahari Terbit ini meraih poin tertinggi dalam kategori tim paling sportif (Fair Play). Mereka mengoleksi 48,62 poin, mengalahkan China dan Iran, yang menduduki peringkat kedua dan ketiga.

8. Ange Postecoglou, AFC Men’s Coach of the Year

Pria Australia ini terpilih sebagai pelatih Asia terbaik berkat keberhasilannya membawa timnas negaranya menjuarai Piala Asia 2015. Ia unggul atas Norio Sasaki (timnas putri Jepang) dan Mahdi Ali (timnas UEA).

9. Asako Takakura, AFC Women’s Coach of the Year

Kesuksesan Jepang menjuarai Piala Asia U-19 tahun 2015 tak lepas dari sentuhan tangan Takakura. Ini adalah kali keempat dia berturut-turut meraih predikat sebagai pelatih wanita terbaik Asia.

10. Australia, AFC Men’s National Team of the Year

Mereka adalah tim Asia terbaik tahun ini setelah menjadi pemenang di turnamen paling bergengsi di benua kuning: Piala Asia.

11. Jepang, AFC Women’s National Team of the Year

Timnas putri Jepang finis sebagai runner-up Piala Dunia Putri 2015 — yang dimenangi Amerika Serikat. Mereka terpilih sebagai tim putri Asia terbaik 2015 setelah mengalahkan timnas putri Jepang U-19 dan timnas putri Korea Utara U-16.