Berita Bola : Liverpool Dituntut Poles Cara Bongkar Pertahanan

Liverpool Dituntut Poles Cara Bongkar Pertahanan

Pundisports.com – Berita Bola : Performa kandang Liverpool sejauh ini belum semeyakinkan saat bertandang. Juergen Klopp pun dituntut lebih banyak melatih timnya itu caranya membongkar pertahanan lawan.

Bersama Klopp, Liverpool menunjukkan peningkatan performa. Meski begitu, penampilan mereka di kandang sejauh ini belum sama dengan ketika bertandang.

Sebagai perbandingan dari 11 laga semua ajang di bawah Klopp, enam di antaranya dijalani di kandang. Mereka memetik tiga kemenangan, dua hasil imbang, dan satu kekalahan. Mereka mencetak tujuh gol dan kebobolan lima kali dalam periode ini.

Sementara di lima laga tandang dalam rentang tersebut, mereka memetik empat kemenangan dan satu hasil imbang. Dalam periode itu anak asuh Klopp mencetak 14 gol dan cuma kebobolan tiga gol.

Artinya ketika bermain tandang, Liverpool mampu mencetak tujuh gol lebih banyak meski bermain satu laga lebih sedikit. Mereka juga kebobolan lebih sedikit ketimbang saat bermain kandang.

Eks penggawa Liverpool Phil Thompson melihat hal itu sebagai problem utama Liverpool saat ini. Taktik gegenpressing yang dibawa Klopp berjalan lebih baik saat bermain tandang karena lawan-lawan punya kecenderungan untuk menguasai bola lebih besar. Sementara saat bertandang ke Anfield, mereka tampil lebih pasif.

“Chelsea, Manchester City, dan Southampton seluruhnya adalah tim yang sangat bagus. Mereka akan menguasai bola dan menyerang, jadi Anda punya kesempatan bagus untuk melakukan pressing tinggi, ‘gegenpress‘, dan melancarkan serangan balik,” kata Thompson dikutip Sky Sports.

“Yang negatif adalah di laga-laga kandang ketika mereka (Liverpool) punya lebih banyak penguasaan bola. Klopp harus melatih secara taktik caranya membongkar pertahanan.”

“Kami mendominasi laga-laga, terutama melawan Swansea, di mana kami cuma dapat satu gol dan kemudian melawan Palace di mana kami banyak menguasai bola, tapi tidak menciptakan peluang,” demikian dia.

Di Premier League, Liverpool saat ini ada di posisi enam sementara dengan nilai 23 dari 14 pekan. Mereka tertinggal enam poin dari Manchester City dan Leicester City yang bertarung ketat di puncak, dan berjarak dua angka dari Tottenham Hotspur di urutan lima yang merupakan batas zona Eropa.