Berita bola : Luca Toni Pensiun di Akhir Musim

Luca Toni Pensiun di Akhir Musim

Pundisports.com – Berita : Luca Toni akan memasuki musim terakhirnya sebagai pesepakbola profesional. Toni memastikan gantung sepatu begitu musim 2015/2016 berakhir.

Toni sudah 22 tahun menjalani kariernya sebagai pesepakbola sejak debutnya pada 1994 bersama Modena. Setelah itu, Toni melanglang buana di sejumlah klub Italia seperti Empoli, Treviso, Vicenza, Brescia, Palermo, dan Fiorentina.

Kariernya menanjak saat memperkuat Palermo dan menjadi bagian dari skuat Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006. Toni lantas mencoba peruntungannya bermain di Liga Jerman bersama Bayern Munich.

Tiga musim bermain di Bayern, Toni bikin 58 gol dari 88 penampilan di mana dia jadi top skorer Bundesliga pada musim 2007/2008. Kedatangan Louis van Gaal membuat kariernya mandek dan akhirnya dilepas ke Genoa pada musim 2010/2011, setelah sempat dipinjamkan ke AS Roma pada pertengahan musim 2009/2010.

Setelah itu, Toni sempat memperkuat Juventus dan tim Uni Arab Emirat, Al-Nasr, sebelum kembali memperkuat Fiorentina dan tiga musim terakhir dihabiskannya bersama Hellas Verona.

Verona pun jadi tim terakhir dalam karier Toni setelah penyerang 38 tahun itu menyatakan rencana pensiunnya di akhir musim ini.

“Kami ingin melakukannya; Kami tidak ingin menyerah,” ujar Toni di Sky Sports.

“Mungkin ini waktunya saya untuk pensiun. Jadi saya ingin membantu Verona bertahan,” sambung pemilik 47 caps dan 16 gol bersama Italia itu.

Musim lalu jadi penampilan terbaik Toni bersama Verona di mana dia bikin 22 gol dan jadi top skorer bersama Serie A bareng Mauro Icardi. Toni baru bikin dua gol dari enam penampilan musim ini yang dibarengi dengan terpuruknya Verona di posisi dasar klasemen dengan enam poin dari 15 pekan.

(mrp/nds)