Berita bola : Lumat Southampton 6-1, Liverpool Melenggang ke Semifinal

Liverpool Melenggang ke Semifinal

Pundisports.com – Beritabola : Liverpool menang besar kala bertandang ke Southampton di babak kelima Piala Liga Inggris. Tertinggal lebih dahulu, Liverpool bikin 6 gol balasan di mana Divock Origi mencetak hat-trick dan Daniel Sturridge dua gol.

Bertandang ke St. Mary’s Stadium, Kamis (3/12/2015) dinihari WIB, Liverpool dikejutkan gol cepat Sadio Mane saat laga belum genap berjalan satu menit. Namun dua gol dalam jarak empat menit dari Daniel Sturridge pada menit ke-25 dan 26 membalikkan keadaan. Liverpool lantas menutup babak pertama dengan keunggulan 3-1 setelah Divock Origi mencetak gol jelang jeda.

Origi mencetak gol keduanya saat laga memasuki menit ke-68. Jordon Ibe lantas ikut mencatatkan nama di papan skor lima menit berselang atau pada menit ke-73. Origi pada akhirnya menutup kemenangan besar Liverpool dengan mencatatkan hat-trick di menit ke-86.

Secara statistik, ESPN mencatat Liverpool memang lebih dominan. Mereka unggul sedikit dalam penguasaan bola dengan persentase sebesar 54%. Tapi soal ancaman, anak asuh Juergen Klopp unggul jauh.

Mereka melepaskan 14 percobaan dengan tujuh mengarah ke gawang dan enam di antaranya berbuah gol. Sementara Soton punya 12 upaya di mana cuma tiga yang tepat sasaran. Dengan kemenangan ini, Liverpool pun melenggang ke semifinal Piala Liga Inggris.

Jalannya Pertandingan

Belum semenit berjalan, Liverpool sudah tertinggal. Menusuk dari sisi kiri, Ryan Bertrand leluasa mengirimkan umpan silang dan disundul Sadio Mane yang terlepas dari pengawalan Alberto Moreno.

Dari skema yang serupa, Soton kembali mengancam Liverpool di menit kelima. Umpan lambung Dusan Tadic dari kiri disambut tandukan Victor Wanyama. Kali ini upaya tuan rumah mampu ditahan kiper. Wanyama sendiri mendapatkan gangguan dari Joe Allen.

Liverpool balas menekan melalui sundulan Divock Origi menyambut umpan silang Moreno pada menit ke-10. Cuma melenceng ke kiri gawang.

Tim tamu pada akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-25. Dari sisi kanan, Joe Allen mengirimkan umpan ke Sturridge di sisi kiri. Usai menerima bola, Sturridge melakukan sedikit gerak kecoh untuk membuka ruang dari penjagaan Steven Caulker. Dia lalu melepaskan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang.

Hanya empat menit berselang, Sturridge mencetak gol keduanya di laga ini. Kembali bermula dari tusukan di sisi kanan, Emre Can mengecoh Jordy Clasie dan mengirim umpan terobosan lambung ke Sturridge yang berlari memasuki kotak penalti. Tanpa terkawal, Sturridge lantas menyambut umpan dengan sepakan first time yang menaklukkan Maarten Stekelenburg.

Sebuah tusukan lain dari sisi kanan dilancarkan Liverpool di menit ke-44. Menerima sodoran dari Sturridge di tengah kotak penalti, Connor Randall mencoba mengarahkan sepakan ke gawang. Tapi bola membentur bek Soton dan bergulir keluar lapangan.

Gol lantas tercipta menyusul skema tendangan penjuru yang didapatkan Liverpool. Dari luar kotak penalti, Moreno melepaskan sepakan keras menyambut bola sapuan. Bola hasil tendangannya lalu dibelokkan dengan sedikit sentuhan oleh Divock Origi dan berbuah gol ketiga Liverpool. Babak pertama berakhir tak lama berselang.

Dua percobaan dilakukan Soton di awal babak kedua, melalui Graziano Pelle dan Sadio Mane. Sepakan Pelle bisa ditahan oleh Adam Bogdan, sementara upaya dari Mane masih melebar ke kanan.

Liverpool menambah gol di menit ke-68 lewat torehan kedua Origi. Mulanya Jordon Ibe menusuk di kanan dan mengirimkan umpan terobosan. Origi menerima bola di sisi kanan di dalam kotak penalti dan langsung melepaskan sepakan keras. Bola meluncur deras ke pojok kanan atas gawang dan masuk ke dalam gawang.

Lima menit berselang, giliran Ibe mencatatkan namanya di papan skor. Moreno merangsek di sisi kiri lalu mengarahkan umpan lambung ke Ibe yang berdiri sedikit di depan kotak penalti. Ibe mengontrol bola dengan dada, lalu menyepak bola keras-keras ke arah gawang. Stekelenburg tak kuasa menghentikan laju bola.

Di menit ke-86, Origi sukses mencetak gol ketiganya di laga ini. Umpan silang sempurna Brad Smith dari sisi kiri mengarah tepat kepadanya di depan gawang. Tanpa kesulitan Origi menanduk bola ke dalam gawang.

Liverpool punya peluang untuk menciptakan gol ketujuh di masa injury time. Tapi sepakan Emre Can masih bisa dihalau Stekelenburg. Laga berakhir tak lama kemudian.

Susunan pemain:

SOUTHAMPTON: Stekelenburg; Cedric (Ward-Prowse 63′), Caulker, Van Dijk, Bertrand; Clasie (Long 63′), Wanyama; Mane, Davis (Romeu 77′), Tadic; Pelle.

LIVERPOOL: Bogdan; Randall, Skrtel, Lovren, Moreno (Smith 77′); Allen (Henderson 74′), Lucas, Can; Origi, Lallana; Sturridge (Ibe 59′)