Berita bola : Madrid Hampir Gagal Taklukkan Shakhtar Donetsk

Madrid Hampir Gagal Taklukkan Shakhtar Donetsk

Pundisports.com – Berita bola : Real Madrid hampir saja gagal meraih poin penuh ketika menghadapi Shakhtar Donetsk pada laga lanjutan Liga Champions 2015–2016. Beruntung, anak-anak asuh Rafael Benitez itu mampu menjaga kemenangannya pada menit-menit dengan skor tipis, 3-4.

Bertandang ke markas Shaktar, Stadion L’viv Arena, Kamis 26 November, Real Madrid sudah tampil agresif dan mendominasi laga sejak peluit kick off dibunyikan. Sang mega bintang Cristiano Ronaldo, berhasil mendapat peluang emas pertamanya ketika laga baru menginjak tiga menit.

Setelah tidak berhenti memberikan serangan frontal, gol Madrid akhirnya tercipta pada menit ke-18. Prosesnya terbilang apik karena diawali dengan assist Gareth Bale yang sangat cemerlang. Ronaldo hanya perlu menyundul pelan ketika menerima umpan tersebut dan merobek gawang Shakhtar.

Shakhtar yang sudah tidak memiliki peluang untuk lolos fase grup, tidak banyak berkutik dalam babak pertama ini. Mereka hanya mampu bertahan dan sesekali melancarkan serangan balik. Itu pun biasanya mampu dihalau defender Madrid.

Meski begitu, tembok pertahanan Shakhtar juga patut diacungi jempol karena mampu menahan skor tipis 0-1, hingga turun minum. Pasalnya, Madrid tidak berhenti melancarkan serangan meski sudah unggul lebih dulu.

Menginjak babak kedua, Madrid langsung tampil mengggebrak hingga akhirnya mampu mencetak tiga gol tambahan lebih dahulu. Luka Modric sukses mencetak gol pada menit ke-50, Daniel Carvajal pada menit ke-52, dan Ronaldo mencetak gol keduanya pada menit ke-70.

Menariknya, pergantian pemain yang dilakukan Madrid ketika sudah berada di atas angin malah memberi keuntungan bagi tim tuan rumah. Pada menit ke-62, Luka Modric diganti dengan Tony Kroos, dan Gareth Bale digantikan oleh Karim Benzema pada menit ke-71. Perubahan ini membuat Madrid lebih sering tertekan.

Dua pemain Shakhtar, Taiso dan Dentinho yang baru dimainkan pada pertengahan babak kedua ini sukses memanfaatkan kesalahan Madrid dengan baik. Kedua mampu membuat keteteran lini pertahanan Madrid.

Gol balasan pertama Shakhtar lahir lewat titik putih yang dieksekusi oleh Alex Teixeira pada menit ke-77. Hadiah penalti terpaksa diberikan wasit karena pergerakan Casimiro mendapat perlakuan kasar oleh para defender Madrid.

Menginjak menit ke-83, giliran Dentinho yang mencetak gol kedua untuk Shakhtar. Gol tersebut tercipta berkat assist Tara Stepanenko.

Taison sempat memberikan kontribusi besar karena membantu lahirnya gol ketiga Shakhtar yang dicetak kembali oleh Teixeira pada menit ke-88. Pergerakannya sangat menawan sebelum membiarkan pemain Brasil itu mencetak gol. 3-4, kedudukan itu bertahan hingga peluit berakhirnya pertandingan berbunyi.

Dengan kemenangan ini artinya, posisi Madrid sebagai pemuncak klasemen Grup A masih belum tergantikan. Meski fase grup ini masih tersisa satu laga lagi, Shakhtar dipastikan tersingkir karena Paris Saint Germain (PSG) berhasil mengalahkan Malmo FF dengan skor 0-5, pada waktu yang sama.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Shakhtar: Pyatov; Kobin, Ordets, Rakitskiy, Azevedo; Fred, Stepanenko, Marlos, Teixeira, Bernard, Gladkiy.

Real Madrid: Casilla; Carvajal, Pepe, Varane, Nacho; Casemiro, Modric, Kovacic; Isco, Bale, Ronaldo.

Sumber : Metro