Berita Bola : Ranieri ke Neville: Sepak Bola Spanyol Membosankan!

Sepak Bola Spanyol Membosankan!

Pundisports.com – Beritabola : Gary Neville resmi menjadi pelatih anyar Valencia pada Rabu 2 Desember waktu setempat. Mantan legenda Manchester United itu akan menukangi Los Che hingga akhir musim panas mendatang.

Keputusan Neville ini lantas menarik perhatian dan mengundang banyak komentar dari berbagai kalangan. Termasuk pelatih Leicester City Claudio Ranieri. Ia menilai Neville harus bisa melepas filosofi dan fokus pada permainan penguasaan sepak bola yang merupakan tradisi sepak bola Spanyol.

“Setiap negara memiliki mentalitas berbeda. Ketika saya melatih di sana, saya berkata ‘Jaga penguasaan bola’. Tetapi setelah setengah jam latihan, saya berkata ‘Berhenti! Kami harus menciptakan gol. Lawan akan mencetak gol. Tolong fokus pada serangan, karena saya mulai mengantuk (melihat permainan tim),” ujar Ranieri.

Ranieri memang tidak asing dengan permainan sepak bola Spanyol. Karena sebelumnya, ia sudah pernah berkarier sebagai pelatih di negeri Matador itu, yakni di Atletico Madrid dan Valencia.

Khusus di Valencia, Ranieri sempat melatih dua kali pada musim 1997–1999 dan musim 2004–2005. Selama itu, ia sukses memberikan sejumlah prestasi untuk Valencia seperti Piala Intertoto 1998, Copa Del Rey (1998–1999), dan Piala Super Eropa 2004.

“Sepak bola Spanyol punya filosofi berbeda. Mereka fokus pada penguasaan bola. Mereka sangat menyukai permainan penguasaan bola karena mereka percaya jika mendominasi penguasaan bola, mereka akan memenangkan pertandingan,” tambahnya.

“Saya selalu mendiskusikan hal ini dengan para pemain. Hal yang baik jika Anda bisa menguasai bola sebanyak 60 persen dan menembak ke gawang tiga kali dan membuat umpan silang delapan kali. Tetapi, saya mampu menembak gawang delapan kali dan membuat 10 umpan silang meski hanya menguasai bola 40 persen,” papar Ranieri.

Neville dipercaya untuk menggantikan peran Nuno Santo yang dianggap gagal membawa Valencia berjaya pada musim ini. Di bawah kepelatihan Santo, Valencia tercecer di posisi kesembilan klasemen.

Di tugas pertamanya, Neville langsung menghadapi tantangan berat. Tak tanggung-tanggung, ia harus mendampingi Valencia untuk menghadapi pimpinan klasemen, Barcelona pada pekan ke-14 di Stadion Mestalla, Minggu 6 Desember. (Sportsmole)