Berita Bola : Terbukti Korupsi, Sekjen FIFA Jerome Valcke Dipecat

Terbukti Korupsi, Sekjen FIFA Jerome Valcke Dipecat

Pundisports.com- Berita Bola : Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) resmi memecat Sekretaris Jenderal (Sekjen) Jerome Valcke, Rabu 13 Januari. Langkah besar ini sengaja dilakukan untuk menghapus budaya korupsi yang tengah melekat di badan FIFA belakangan ini.

Sebelum dipecat, Valcke sempat dikenai sanksi terisolisasi dari berbagai kegiatan sepak bola beberapa pekan. Berhubung penyelidikannya menemui titik terang, akhirnya sanksi pemecatan itu bisa dijatuhkan secepatnya.

Rekomendasi pemecatan ini merupakan buah dari kasus korupsi yang menimpa Sepp Blatter (presiden FIFA) dan Michel Platini (presiden UEFA). Keduanya yang juga sudah dipecat FIFA sempat tidak terima dan bertekad mengajukan banding.

“Komite Darurat FIFA, 9 Januari 2016, memutuskan untuk memecat Jerome Valcke dari posisi Sekretaris Jenderal FIFA. Saat ini, Jerome Valcke sudah bukan Sekretaris Jenderal FIFA lagi,” tulis pernyataan resmi dalam situs FIFA.

“Berbagai hubungan kerjanya dengan FIFA sudah dicopot karena Jerome Valcke dipecat dari FIFA,” tambah pernyataan tersebut.

Sebagai pengganti Valcke, FIFA sudah menunjukkan Markus Kattner sebagai sekjen yang baru. Valcke diketahui sudah bekerja sejak 2007 silam dan sempat melakukan penggelapan dana dari keuntungan tiket Piala Dunia.