Berita Bola : Uang yang Akan Diterima Negara Peserta Piala Eropa 2016

Uang yang Akan Diterima

Pundisports.com- Berita Bola : Gelaran Piala Eropa 2016 di Prancis akan menyediakan price money (uang hadiah) yang lebih besar dari event-event sebelumnya. Negara yang nantinya jadi juara bisa mendapatkan uang tunai mencapai 27 juta euro atau setara Rp413 miliar.

Sesuai hasil rapat komite eksekutif yang digelar beberapa hari lalu, UEFA mengonfirmasi bahwa uang hadiah untuk gelaran Piala Eropa 2016 akan lebih besar dari Piala Eropa sebelumnya. Tidak hanya negara yang jadi juara, semua negara yang ikut berpartisipasi juga akan mendapatkan uang.

UEFA telah menyiapkan uang sebesar 301 juta euro (Rp4,6 triliun) yang dibagi rata kepada 24 negara peserta Piala Eropa 2016. Jumlah ini jauh lebih besar dari uang yang didistribusikan untuk 16 peserta Piala Eropa 2012 (Polandia-Ukraina), yakni sebesar 196 juta, dan Piala Eropa 2008 di Austria-Swiss (185 juta euro).

Secara detil, pendistribusian uang 301 juta euro itu adalah sebagai berikut:

* Ke-24 tim yang tampil di putaran final akan menerima uang tunai masing-masing 8 juta euro.

* Selama babak penyisihan grup, mereka juga akan mendapatkan bonus yang didasarkan pada performa. Jadi, tim yang meraih kemenangan akan mendapatkan uang 1 juta euro, sementara yang meraih hasil imbang akan mendapatkan 500 ribu euro.

* Di fase knock out (16 besar), tidak ada lagi uang bonus performa. Tapi, tim-tim yang berhasil lolos ke babak 16 besar akan menerima uang masing-masing 1,5 juta euro.

* Delapan tim yang lolos ke babak perempat final akan menerima 2,5 juta euro.

* Empat tim yang lolos ke semifinal akan menerima masing-masing 4 juta euro.

* Untuk dua tim yang berhasil melaju ke final, tim yang jadi juara akan menerima 8 juta euro, sementara yang kalah (runner-up) akan mendapatkan uang 5 juta euro.

Secara keseluruhan, jika tim yang tampil sebagai juara berhasil memenangi tiga laga yang mereka jalani di babak penyisihan grup, maka, total uang tunai yang bisa mereka dapatkan adalah 27 juta euro atau setara Rp413 miliar. Jumlah ini lebih besar dari hadiah maksimal yang bisa diraih tim juara pada Piala Eropa 2012, yakni 23,5 juta euro. (UEFA)