Berita Bola : Van Gaal Salahkan Juan Mata

Matta membuat Manchester United Kalah

Pundisports.com – berita bola : Juan Mata jadi orang yang dinilai bertanggung jawab atas kekalahan Manchester United atas West Bromwich Albion pada pekan ke-28 Liga Primer Inggris, Minggu 6 Maret malam tadi. Kartu merah yang diterimanya disebut merusak peluang United untuk meraih kemenangan.

Pelatih Louis van Gaal secara blak-blakan mengkritisi performa Mata yang dalam laga tersebut harus keluar lapangan pada menit ke-26 lantaran mendapatkan dua kartu kuning.

Mata mendapatkan kartu kuning pertama karena menghalangi upaya pemain West Bromwich melakukan tendangan bebas dengan cepat. Sementara yang kedua karena melakukan pelanggaran terhadap Darren Fletcher.

Kalah jumlah pemain, United tidak bisa leluasa mengontrol jalannya laga dan harus menerima kekalahan 1-0 di The Hawthorns lewat gol semata wayang Salomon Rondon pada menit ke-66.

“Kartu kunig pertama, saya rasa itu bodoh karena Anda tahu bahwa aksi yang Anda lakukan akan mendapatkan kartu kuning. Dan yang kedua (kartu kuning), Anda sudah tahu bahwa Anda sudah mendapatkan kartu kuning, jadi Anda harus lebih hati-hati. Anda telah merusak keuntungan yang dimiliki tim,” ujar Van Gaal kepada Sky Sports usai laga.

Meski demikian, Van Gaal tidak sepenuhnya menyalahkan Mata. Ia merasa, wasit seharusnya juga melihat rekam jejak seorang pemain sebelum memberikan kartu. Bagi Mata, ini adalah kartu merah pertama yang diterimanya sepanjang karier profesionalnya.

“Tapi, wasit seharusnya juga tahu pemain yang melakukan tekel. Dan Juan Mata tidak pernah (berniat) menyakiti lawan. Saya juga sudah menanyakan  kepadanya (Mata), berapa kartu merah yang pernah kamu dapat? dan dia menjawab ‘tidak pernah, ini yang pertama’,” lanjut Van Gaal.

Van Gaal pantas kecewa dengan kekalahan ini. Pasalnya, hasil ini sedikit banyak menipiskan peluang United untuk mengejar target menembus empat besar atau tiket Liga Champions di akhir musim.

Dengan hasil ini, The Red Devils masih tertahan di posisi enam klasemen sementara dengan koleksi 47 poin atau terpaut tiga angka dari Manchester City di posisi empat. (Sky Sports)