Berita Bulu Tangkis : Lee Chong Wei Belum Tentu Ikut Kualifikasi Piala Thomas

Lee Chong Wei Belum Tentu Ikut Kualifikasi Piala Thomas

Pundisports.com – Berita Bulu Tangkis : Pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengaku tidak berminat untuk mengikuti kualifikasi Piala Thomas yang akan digelar di Hyderabad, India, 15-21 Februari.

“Jika diberi pilihan, saya meminta untuk tidak diturunkan pada kualifikasi Piala Thomas. Tujuannya, supaya para pemain tidak bergantung kepada saya pada kejuaraan beregu. Sudah saatnya pemain muda tampil,” kata Lee seperti diberitakan Utusan Online, Rabu (13/1/2016).

Menurut Lee, pemain muda Malaysia sudah waktunya mendapat tanggung jawab pada turnamen besar. Lee saat ini memilih berkonsentrasi untuk menjaga kondisi fisiknya menjelang Olimpiade Rio 2016.

“Saya saat ini fokus mempersiapkan diri untuk tampil di All England, dan Swiss Terbuka ,” tutur pebulu tangkis 33 tahun itu.

“Tetapi, keputusan bukan di tangan saya. Semua tergantung Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) untuk menentukan apa yang terbaik,” ucap Lee seusai berlatih di Stadium Juara, Bukit Kiara.

Jika Lee tidak tampil pada kualifikasi Piala Thomas, Malaysia akan sulit untuk lolos ke putaran final Piala Thomas Uber yang akan dilangsungkan di Khunsan, China pada 15-22 Mei mendatang.

Fakta menunjukkan bahwa skuat Piala Thomas Malaysia saat ini tidak sekuat pada 2014. Tahun ini, Malaysia belum memiliki pemain nasional level atas dunia selain Lee.

Pelatih Lee, Hendrawan, mengiyakan bahwa anak didiknya belum tentu tampil pada kualifikasi Piala Thomas.

“Saya tahu, banyak yang menginginkan Chong Wei tampil pada kualifikasi Piala Thomas. Tetapi, kami perlu melihat keadaan fisiknya yang sudah tidak muda lagi. Jika dia cedera, butuh waktu lama untuk pemulihan,” ucap Hendrawan.

“Saya tidak mempermasalahkan jika Chong Wei ingin tampil di Hyderabad. Setelah turnamen Malaysia Masters pekan depan, kami akan membuat penilaian,” kata Hendrawan menambahkan.

Jadwal Lee tahun ini cukup padat. Turnamen yang akan diikutinya antara lain All England (8-13 Maret), Swiss Terbuka (15-20 Maret), Malaysia Terbuka (5-10 April), dan putaran final Piala Thomas.

Sebelum dua turnamen tersebut, Lee juga akan turun di Malaysia Masters yang akan digelar pada 19-24 Januari. (Delia Mustikasari)