Berita F1 : Klasemen Akhir Konstruktor F1: Mercedes Berjaya, McLaren Merana!

Mercedes Berjaya, McLaren Merana!

Pundisports.com – Berita F1 : Mercedes menutup rangkaian kompetisi Formula 1 tahun 2015 dengan gemilang. Sukses Nico Rosberg dan Lewis Hamilton menguasai seri pamungkas di GP Abu Dhabi mempertegas superioritas tim berjuluk Silver Arrows, musim ini.

Mercedes tampil sangat dominan pada kompetisi musim ini. Dalam 19 seri balapan yang dilakoni, tim yang bermarkas di Brackley ini tidak pernah absen mencetak poin, dan hanya sekali gagal naik podium (GP Hungaria).

Dengan penampilan impresif ini, Mercedes dinobatkan sebagai kampiun untuk kategori konstruktor. Ini merupakan kali kedua Mercedes jadi juara konstruktor, setelah musim lalu juga sukses mengawinkan gelar juara dunia (konstruktor dan pembalap). Di kategori pembalap, Lewis Hamilton tampil sebagai juara dunia musim ini.

Mercedes yang mengoleksi 703 poin, unggul jauh dari Ferrari yang harus puas jadi runner-up dengan raihan 428. Adapun, posisi tiga menjadi milik Williams-Mercedes yang mengemas 257 poin.

Prestasi jeblok justru ditorehkan McLaren yang mendapat pasokan mesin dari Honda. Di musim pertama kerja sama mereka, McLaren gagal tampil kompetitif.

Dua pembalap McLaren, Jenson Button dan Fernando Alonso yang menyandang predikat mantan juara dunia, tidak mampu berbuat banyak untuk mendongkrak performa McLaren.

McLaren hanya mampu mencetak 27 poin dari 19 seri musim ini, dan harus puas berada di posisi 9 dalam klasemen akhir konstruktor, atau posisi dua dari bawah. Torehan ini merupakan rekor terburuk McLaren sejak 1980.

Klasemen Akhir Konstruktor:
1. Mercedes (703)
2. Ferrari (428)
3. Williams-Mercedes (257)
4. Red Bull-Renault (189)
5. Force India-Mercedes (136)
6. Lotus-Mercedes (78)
7. Scuderia Toro Rosso-Renault (67)
8. Sauber (36)
9. McLaren-Honda (27)
10. Manor Marussia-Ferrari (0)