Berita F1 : Lewis Hamilton berhasil memenangi seri GP Rusia

Lewis Hamilton berhasil memenangi seri GP Rusia

Pundisports.com – Berita F1 : Driver Mercedes, Lewis Hamilton, berhasil memenangi seri GP Rusia. Sementara itu, pesaing terdekatnya, Nico Rosberg malah gagal finis.

Saat membalap di Sochi Autodrom, Minggu (11/10/2015) malam WIB, Hamilton mampu menjadi juara setelah menjadi yang tercepat dalam 53 lap dengan catatan wakti selama satu jam 37 menit 11,024 detik.

Sebastian Vettel berhasil mengamankan posisi kedua, yang disusul oleh Sergio Perez. Ada di posisi lima besar adalah Felipe Massa dan juga Kimi Raikkonen.

Dengan kemenangan ini, Hamilton kian kokoh di posisi pertama klasemen pebalap dengan raihan 302 poin.

Sementara itu, Vettel mampu merebut posisi dua dari Rosberg. Dia mengumpulkan 236 poin, unggul tujuh angka dari Rosberg.

Jalannya balapan

Start di seri GP Rusia berlangsung tak mulus. Pebalap yang menempati posisi start terdepan bisa melaju mulus, tapi beberapa pebalap di belakang terlibat kecelakaan.

Mobil Nico Hulkenberg memutar. Max Verstappen bisa menghindar, tapi Marcus Ericsson malah menabrak mobil dari Hulkenberg.

Verstappen bisa melanjutkan balapan tapi harus mengganti ban kiri belakang yang baru. Romain Grosjean juga harus mengganti hidung mobil yang baru.

Saat lap dua, Rosberg berhasil mempertahankan posisi pertama saat start, diikuti oleh Hamilton. Kimi Raikkonen ada di posisi tiga. Sementara itu, Valtteri Bottas dan Vettel melengkapi posisi lima besar.

Di lap ketiga, safety car masuk ke lintasan. Hal itu menguntungkan Verstappen dan Grosjean yang tertinggal jauh.

Setelah safety car keluar lintasan, Hamilton bisa mengambil posisi terdepan dari Rosberg. Driver asal Jerman itu menuai kesialan setelah gagal melanjutkan balapan di lap ke delapan.

Saat balapan berlangsung 10 lap, susunan pebalapnya ada Hamilton, Bottas, Raikkonen, Vettel, dan juga Perez.

Di lap 12 kembali terjadi kecelakaan. Kali ini, Grosjean yang gagal melanjutkan balapan.

Hingga balapan berjalan sebanyak 20 putaran, Hamilton masih berada di posisi terdepan. Dia disusul Bottas, Vettel, Raikkonen, dan juga Daniil Kvyat.

Hamilton kian nyaman di depan 10 lap kemudian. Dia berjarak 15,4 detik dari Vettel yang ada di posisi kedua. Vettel yang masuk ke pit untuk ganti ban jaranya pun kian jauh. Dia berada di posisi lima saat balik ke lintasan.

Hingga lap 30 berjalan, Hamilton ada di posisi satu. Raikkonen ada di belakangnya, disusul oleh Kvyat, Felipe Nasr, dan Perz.

Hamilton mampu melakukan pit cepat, dia pun bisa mempertahankan posisi pertama dari ancaman Kvyat. Saat lap 35, Hamilton sudah unggul 12,9 detik dari Vettel yang ada di posisi dua.

Di sisa 18 lap, posisi 1-2 sudah seperti menjadi milik Hamilton dan Vettel. Pertarungan seru terjadi untuk memperebutkan posisi tiga.

Botas, Perez, dan Raikkonen, yang memperebutkan posisi itu. Bottas bisa mendahului Perez, lalu Raikkonen juga menyusulnya.

Beberapa tikungan setelah itu, Bottas dan Raikkonen malah terlibat senggolan. Bottas akhirnya gagal melanjutkan balapan, posisi tiga direbut oleh Perez. Raikkonen akhirnya bisa finis di posisi lima, dibelakan Massa.

Hasil Balapan

1. Lewis Hamilton GBR Mercedes-Mercedes 53 laps 1hr 37m 11.024s
2. Sebastian Vettel GER Ferrari-Ferrari +05.9s
3. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +28.9s
4. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +38.8s
5. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +42.3s
6. Daniil Kvyat RUS Red Bull-Renault +47.5s
7. Felipe Nasr BRZ Sauber-Ferrari +56.5s
8. Pastor Maldonado VEN Lotus-Mercedes +1m 01.0s
9. Jenson Button GBR McLaren-Honda +1m 19.4s
10. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +1m 26.2s

11. Max Verstappen NED Toro Rosso-Renault +1m 28.4s
12. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +1 lap
13. Roberto Merhi ESP Manor-Ferrari +1 lap
14. Will Stevens GBR Manor-Ferrari +1 lap

Tidak Finis

Daniel Ricciardo AUS Red Bull-Renault 48 laps compelted
Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Renault 47 laps completed
Romain Grosjean FRA Lotus-Mercedes 12 laps completed
Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes 7 laps completed
Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes 0 laps completed
Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari 0 laps completed

Sumber : Detik – sport