Berita Futsal : Turnamen Futsal Pelajar Jateng Kembali Digelar

Pundisports.com – Berita Sports :  Turnamen Futsal Pelajar Jateng kembali diputar. Tahun ini, turnamen yang digelar Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jateng ini akan diputar di GOR Sumber Waras Semarang, 12-15 Mei. Berbeda dibandingkan tahun lalu, kali ini tidak hanya diputar kelompok SMA, namun juga SMP.

Ketua Panitia Turnamen, Budi Irianto mengatakan, ini merupakan bagian dari program AFP Jateng untuk menggiatkan pembinaan di Jateng. Harapannya, para pemain punya wadah resmi untuk mengasah mental, kemampuan dan menambah jam terbang.

”Ini sudah menjadi agenda tahunan AFP Jateng. Melalui ajang ini, kami juga ingin memantau pemain-pemain berbakat, sehingga punya bank data dalam persiapan menghadapi kejuaraan tingkat nasional, termasuk PON XX/2020 mendatang,” kata Budi Irianto.

Untuk SMP, panitia membatasi kuota hingga 18 tim saja, sedangkan untuk SMA, putra dibatasi hingga 24 tim, dan SMA putri dibatasi hingga delapan tim. Karena terbatas, Budi Irianto meminta tim-tim untuk msegera mendatarkan diri di Kantor Asprov PSSI Jateng, Komplek Stadion Citarum.

Tahun lalu, kelompok putra SMA, keluar sebagai juara adalah SMAN 1 Grobogan. Sedangkan untuk putri SMA, gelar juara dibawa pulang SMKN 7 Semarang. Kedua tim tersebut, punya kans untuk kembali mempertahankan gelar juara pada tahun ini.

Sementara itu, dua tim yang masih terkena sanksi dari AFP Jateng, yakni Putri SMN 14 Semarang dan SMAN 1 Boja tidak diperbolehkan ambil bagian. Pasalnya, sanksi karena tidak menjunjung sportivitas pada kejuaraan tahun lalu, masih melekat dan belum dihilangkan.

Panitia membuka kembali kesempatan pada tim-tim tahun lalu untuk kembali ambil bagian, kecuali yang masih terkena hukuman. Di sisi lain, juga membuka kesempatan kepada tim-tim baru untuk ambil bagian. Turnamen ini bersifat terbuka, dan tiap tim SMP maupun SMA boleh mendaftar.