Berita MotoGP : Sirkuit Internasional Chang di Buriram

Sirkuit Internasional Chang di Buriram

Sirkuit Internasional Chang –atau yang juga disebut Buriram United International Circuit– dibangun sejak 2013. Chang, yang merupakan produk minuman asal Thailand yang juga mensponsori Everton, dijadikan nama sirkuit sebagai bagian dari kerjasama sponsor.

Sirkuit ini dibangun dalam waktu 499 hari dan diresmikan pada 4 Oktober 2014 lalu. Berbagai event internasional pun sudah pernah digelar di sana, seperti World Superbike Championship, World Touring Car Championship, dan Asia Road Racing Championship.

Sirkuit ini terletak di distrik Muang, provinsi Buriram, atau sekitar 392 km dari Bangkok. Untuk mencapai lokasi, diperlukan waktu tempuh selama 5-6 jam lewat perjalanan darat dari Bangkok. Detiksport berkesempatan mengunjungi sirkuit ini atas undangan PT Astra Honda Motor (AHM).

Cukup megah adalah gambaran yang tepat ketika melihat Sirkuit Internasional Chang. Mulai dari area parkir yang luas, fasilitas yang ada di sana juga sangat lengkap.

Di area bawah misalnya, terdapat medical center yang lumayan besar. Fasilitas ini digunakan bagi pebalap-pebalap yang membutuhkan perawatan medis jika mengalami crash saat balapan berlangsung. Sebanyak 30 paddock juga berjejer di area bawah.

Jika melongok ke atas di lantai 1, terdapat media center. Di sinilah tempat para wartawan mengerjakan tugasnya sambil memantau jalannya balapan melalui monitor yang berada di atasnya. Media center juga dilengkapi dengan wifi ataupun LAN yang sangat kencang aksesnya.