Panggung 24 Negara di Euro 2016

24 NegaraEropa 2016

Pundisports.com – Berita Bola : Sebuah panggung besar akan dibangun di Prancis tujuh bulan lagi dari sekarang. Tanpa Belanda, Piala Eropa 2016 akan menjadi pertunjukan beberapa negara “medioker” bahkan “gurem” seperti Hongaria, Wales, Islandia, dan Albania.

Hongaria dulunya memang raksasa. Di era 40 dan 50-an, nama Ferenc Puskas dan Sandor Kocsis begitu ditakuti. Dari daftar pemain dengan koleksi gol internasional terbanyak di abad 20, Puskas ada di puncak dengan 84 gol, Koscis nomor tiga dengan 73 gol.

Pencapaian tinggi Hongaria selesai sejak mereka menjadi semifinalis Piala Eropa 1972. Bahkan setelah itu mereka tak pernah lagi lolos ke putaran final Piala Eropa. Pun di Piala Dunia, mereka langganan absen dalam tujuh edisi terakhir berturut-turut.

Singkat kata, Hongaria sudah lama terlupakan dan baru kali ini terbangun dari tidur panjangnya. Seperti halnya fans yang masih bertanya-tanya tentang kekuatan mereka saat ini, mereka pun masih akan mengucek-ngucek mata dulu sebelum sepenuhnya sadar bahwa tahun depan mereka kembali tampil di turnamen besar.

Negara lain yang “diduga” hebat tapi sesungguhnya tidak adalah Irlandia Utara dan Wales. Dari dulu pemain-pemain mereka akrab dan cukup “identik” dengan Liga Inggris, tapi mereka tak kunjung menjadi kesebelasan yang mumpuni. Mungkin Anda cukup heran kalau Irlandia Utara dan Wales selama ini tak pernah tampil di Piala Eropa, sudah lama pula tak main di Piala Dunia.

Islandia? Sebelum Gylfi Sigurdsson, mungkin hanya Eidur Gudjohnsen satu-satunya pemain Islandia yang terkenal. Albania? Tahu-tahu di babak kualifikasi Piala Eropa 2016 mereka hanya di bawah Portugal (di Grup I), membuat Denmark harus melewati playoff (dan gagal pula), serta menyingkirkan Serbia.

Di luar negara-negara di atas, masih ada Ukraina, Slovakia, dan Rumania, yang terlanjur dianggap bukan kekuatan besar di kancah Eropa. Namun faktanya, mereka lebih pantas dan beruntung daripada Denmark dan … Belanda, yang gagal lolos ke putaran final.

Di luar soal negara-negara kontestan, sebagai event olahraga terbesar setelah Piala Dunia dan Olimpiade, Piala Eropa 2016 tentu akan menyedot perhatian luar biasa besar. Di sanalah tim-tim peserta, baik yang raksasa maupun bukan, akan bersaing untuk memperebutkan predikat “terbaik di benua biru”.

sumber : DEtik